VISI, MISI DAN TUJUAN
SEKOLAH PENGGERAK
A. Visi
Kurikulum Operasional Sekolah disusun oleh Satuan Pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan diantaranya adalah: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, era informasi, pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, era perdagangan bebas
Tantangan dan peluang itu harus direspon oleh SMP Swasta An-Nizam, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan cita-cita moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Adapun visi SMP Swasta An-Nizam adalah:
“BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, BERPRESTASI, MEMILIKI KETERAMPILAN TEKNOLOGI SERTA BERWAWASAN LINGKUNGAN”
B. Misi
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:
1. Membentuk profil pelajar yang berakhlak mulia dan rajin beribadah dalam menerapkan nilai-nilai qur’ani
2. Melaksanakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan berkarakter yang mampu memfasilitasi pelajar sesuai bakat dan minatnya.
3. Meningkatkan manajemen satuan pendidikan yang adaptif, berkarakter, dan menjamin mutu
4. Menjadikan lingkungan sekolah sebagai tempat perkembangan intelektual, sosial, emosional, ketrampilan, berbudaya literasi serta pengembangan budaya lokal dalam kebhinekaan global
5. Mewujudkan profil pelajar yang beriman dan bertaqa serta berakhak mulia, mandiri, bernalar kritis dan kreatif sehingga mampu mengreasi ide dan keterampilan yang inovatif
6. Mewujudkan sekolah yang sehat, bersih, asri dan nyaman serta berwawasan lingkungan
7. Memfasilitasi partisipasi aktif orang tua dan masyarakat dalam keberagaman yang mewadahi kreatifitas pelajar yang berjiwa kompetitif.
8. Mewujudkan peserta didik yang berprestasi baik akademik dan non akademik
C. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai SMP Swasta An-Nizam sebagai bentuk untuk mewujudkan visi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)
a. Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia
Adapun kegiatan yang dimaksudkan adalah dengan kegiatan ibadah seperti sholat duha, sholat 5 waktu terkhusus sholat juhur dilakukan berjamaah di masjid sekolah, sehari bersama alqur’an.
b. Mendorong peserta didik untuk mampu mengreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada peningkatan literasi
Kegiatan dilakukan diawal pembelajaran dalam bentuk literasi dan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yaitu KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)
c. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan gagasan.
d. Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah yang menunjang peseta didik dalam mengreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya.
Kegiatan berupa sanggar tari/musik begitu juga dengan budaya bersih maka sekolah membuat slogan di plang “LISA” (Lihat Sampah Ambil) sehingga tong sampah yang sudah di buat berdasarkan jenisnya (organic dan anorganik) dalam langsung di letakkan warga sekolah.
e. Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis proyek yang mengedepankan jiwa kegotong-royongan
Kegiatan ini berupa kegiatan pembelajaran di kelas yang berkolaborasi dengan yang lain dalam rangka menumbuhkan jiwa kerja sama /gotong royong dan kegiatan ini diperkuat dalam kegiatan pramuka.
2. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun )
a. Merancang pembelajaran yang mengedepankan ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis;
b. Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya;
c. Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata;
d. Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotong - royongan.
e. Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung budaya lokal
f. Mempunyai life skill yang mampu berdapatasi dengan perekembangan Zaman. Dan life skill ini harus sudah ditanamkan kepada siswa siswi SMP agar kelak mampu bertahan hidup dengan kecapakan hidup yang sudah ditanamkan/diperoleh semenjak dini. Life skill memotivasi anak-anak dengan cara membantunya untuk memahami diri dan potensinya sendiri dalam kehidupannya, sehingga mereka mampu untuk menyusun tujuan-tujuan hidup dan melakukan proses problem solving apabila dihadapkan persoalan-persoalan hidup.
g. Mampu mengkreasikan ide/ gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya lokal dalam kebhinekaan global
h. Mempunyai karakter yang sopan, santun dan dan mandiri, kreatif yang mampu bersaing sesuai perkembangan zaman.
i. Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emosional, sosial, ketrampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong royong.
j. Menjadikan masyarakat dan orang tua sebagai mitra bersama dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan sekolah.
Beriman dan Bertaqwa, berakhlak mulia, memiliki Ilmu Pengetahuan dan Keterampilan Tekhnologi yang handal serta berwawasan lingkungan.
1. Meningkatkan warga sekolah menjadi insan robbani yang unggul dalam imtaq dan iptek
2. Memfasilitasi guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan profesionalisme kerja
3. Mempersiapkan Peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai alqur’an dan budaya literasi
4. Mewujudkan pendidikan yang bermutu, efesien, efektif, partisipatif, relevan dan berdaya saing yang tinggi.
5. Meningkatkan disiplin dan Etos kerja warga sekolah dalam lingkungan sekolah
6. Menjalin kerja sama dengan dunia usaha/dunia industri dalam bidang pendidikan
7. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif bagi peserta didik sehingga dapat berkembang secara optimal dengan potensi yang dimilikinya
8. Mewujudkan sekolah yang sehat bersih, asri dan nyaman serta berwawasan lingkungan hidup.
9. Meningkatkan prestasi akademik lulusan dengan berupaya mencapai kopetensi siswa yang mampu bersaing dalam era global secara berkelanjutan serta berwawasan lingkungan hidup
NO
|
KELAS
|
MATERI
|
TARGET
|
1
|
VII
|
AL – ASHR s/d AN – NASHR
|
-
Siswa hafal serta melafazkan
dengan baik
-
Mampu membaca dengan tajwid yang
baik
-
Mampu menuliskannya dengan baik
|
2
|
VII
|
AD – DHUHA s/d AT – TAKATSUR
|
-
Siswa hafal serta melafazkan
dengan baik
-
Mampu membaca dengan tajwid yang
baik
-
Siswa mampu menjadi imam dalam
sholat fardhu
-
Dan hafal doa setelah sholat
|
NO
|
KELAS
|
MATERI
|
TARGET
|
1
|
VII
|
-
Thaharah
-
Wudhu, sholat dan do’a
|
-
Mampu melakukan bersuci dari
hadas kecil dan besar dengan baik
-
Mampu melakukan dengan baik dan
benar
|
NO
|
KELAS
|
MATERI
|
TARGET
|
1
|
VIII
|
- Sejarah nabi Muhammad Saw
- Khulafaur Rasyidin
|
-
Mengetahui silsilah, dakwah dan
perjuangan Rasulullah Saw
-
Mengenal dan mengetahui Dakwah
dan perjuangan Khulafaur Rasyidin
|
NO
|
KELAS
|
MATERI
|
TARGET
|
1
|
VII
|
-
Sifat – sifat Allah
-
Akhlak yang disukai Allah
-
Akhlak yang tidak disukai Allah
|
-
Siswa dapat meningkatkan
keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat – sifatNya
-
Siswa mampu menerapkan perilaku
(akhlak) terpuji dalam kehidupan sehari – hari
-
Siswa mampu menghindarkan diri
dari perilaku menyimpang dan tercela dalam pergaulan sehari – hari
|
2
|
VII
|
Imam kepada Kitab – Kitab Allah
|
-
Menumbuhkan sikap mencintai Al
Qur’an sebagai kitab Allah
-
Siswa termotivasi untuk giat
membaca, mempelajari dan memahami serta mengamalkan Al – Qur’an
|
NO
|
KELAS
|
MATERI
|
TARGET
|
1
|
VII
|
-
Perkenalan
-
Alat – alat sekolah
|
-
Siswa mampu mempraktekkan
percakapan dengan perkenalan diri
-
Siswa mampu mempraktekkan
percakapan dengan materi alat – alat sekolah
|
2
|
VII
|
Waktu
|
-
Siswa mampu bertanya dan
menjawab tentang waktu
-
Siswa mampu menuliskan kalimat
sederhana dengan menggunakan struktur
kalimat dasar
|
- Terwujudnya peserta didik yang mampu membaca al-Quran dengan tartil.
- Terwujudnya peserta didik yang senantiasa menegakkan sholat dengan benar dan tepat waktu
- Terwujudnya generasi penghafal ayat-ayat al-Quran
- Terwujudnya peserta didik yang bersikap patuh kepada orang tua, hormat kepada guru serta akrab dengan sesama teman.
No
|
Materi
|
Target
|
1
|
Al –Qur’an juz
30
|
Hapal dengan
baik
|
Surah An –
naba’ -surah Al-Fajr
|
Hapal semester 1
|
|
Surah Al-Balad –
surah An-Nas
|
Hapal semester 2
|
|
2
|
Hukum bacaan
dalam al-qur’an
|
|
Tajuwid
|
Di kuasai dengan
baik
|
|
Makhrojutul
huruf
|
Mengucapkan
dengan baik
|
|
3
|
Adap membaca Al- qur’an
|
Melaksanakan
dengan benar
|
4
|
Tips menghafal
Al-Qur’an
|
Semakin
bertambah hapalan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar