Guru Wajib Paham : Paradigma Baru dari Kurikulum Prototipe
Guru Wajib Tau
- Kurikulum Profil Pelajar Pancasila , manjadi acuan dalam mengembangkan 8 SNP Pada akhirnya untuk peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia
- Istilah KI dan KD menjadi Capaian Pembelajaran ( CP) merupakan rangkaian pengetahuan keterampilan dan sikap sebagai satu kesatuan proses demi membangun kompetensi yang utuh bagi siswa
- Jumlah jam ditetapkan pertahun , pada kurikulum sebelumnya ditetapkan perminggu artinya sekolah diberi kemudahan bagi sekolah dalam mengaturnya , satu sekolah suatu materi tdk diajarkan pada semester ganjil , tetapi pada semester genap atau sebaliknya
- Pembelajaran berbasis projek , untuk mengembangkan Profil Pelajar Pancasila untuk memperoleh pembelajaran dari pengalaman dan kompetensi sosial dari peserta didik berbagai disiplin ilmu .
- Asesmen bersifat kolaboratif , sekolah diberi keleluasaan membuat asesmen antar mata pelajaran atau lintas mata pelajaran , misalnya assmen sumatif yang memuat beberapa aspek mapel dalam sekaligus
- Kembali mata pelajaran TIK , dengan nama informatika diajarkan mulai jenjang SMP , boleh diajarkan guru maple non TIK asal memilki kemapuan TIK
- Mata pelajaran IPAS di SD kls IV, V dan VI selama ini terpisah sekarang digabung diajarkan bersamaan namanya IPAS
- Program Pemintan di SMA ditiadakan , pada kurikuklum sebelumnya ada IPA,IPS dan Bahasa , pada kurikulum Prototipe kelas X dipersiapkan untuk memilih pada kelas XI , dan mata pelajaran serupa dengan di SMP , dan kls XI ada maple wajib dan mapel pilihan sesuai minat , bakat dan aspirasi siswa
- Presentase Kelompok Kejuruan , menjadi 70 % , kelompok umum dan kejuruan , kurikulum sebelumnya kurikulum kejurua 60 % meningkat menjadi 70 % dan PKL menjadi mata pelajaran wajib minimal 1 semester atau 6 bulan , dengan PKL durasi yg lebih lama kejuruan diharapkan lebih siap dan kmopeten memasuki dinia kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar