MPLS SMP SWASTA AN NIZAM DAN BUKA BERSAMA "PUASA ASYURA 10 MUHARRAM"


MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan kegiatan awal bagi siswa/i baru kelas VII SMP Swasta An Nizam. MPLS sangat berperan penting dalam mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa/i baru dalam rangka menumbuhkan rasa cinta terhadap sekolah. MPLS dilaksanakan pada hari senin - selasa, 15-16 juli 2024 di Perguruan Islam An Nizam.

Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan kegiatan 3S (Senyum, Sapa, Salam). Kemudian seluruh warga Perguruan Islam An Nizam melaksanakan upacara bendera sebagai bentuk rasa cinta tanah air.

Kegiatan MPLS dibuka oleh OSIS dan kata pembuka oleh  kepala sekolah, bapak Robin Ginting, M.Pd., sekaligus penyematan tanda peserta MPLS kepada perwakilan siswa baru laki-laki dan perempuan. Kegiatan berlangsung sesuai dengan acara yang disusun. Siswa/i juga diberikan materi-materi yang memperkuat pemahaman tentang lingkungan sekolah. Materi I diisi oleh bapak Robin Ginting, M.Pd., dengan materi "Pengenalan Lingkungan Sekolah".


Pada hari kedua, MPLS masih berlangsung sesuai dengan acara yang disusun. mulai dari Materi II yang dibawakan oleh Ibu Nasywa Alyaa Nabhan, S.Pd., dengan materi "Anti Perundungan", dan juga materi III oleh bapak Saiful Akhyar, S.HI dengan materi "Peraturan Sekolah".

Selain pemaparan materi yang berkaitan dengan sekolah, banyak kegiatan seru lain yang dilaksanakan mulai dari School Tour, Sholat berjama'ah, games, penampilan LKBB dan Tari Komando oleh Pasukan Inti (PI) Sempaniz Scout. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan dan memupuk rasa cinta terhadap sekolah.


Kegiatan ditutup dengan pelepasan tanda peserta MPLS oleh bapak kepala sekolah serta pengumuman peserta dan kelompok terbaik selama MPLS dilaksanakan. 

Berhubung, kegiatan MPLS beriringan dengan tanggal 10 Muharram, maka seluruh warga SMP Swasta An Nizam dianjurkan melaksanakan puasa sunnah Asyura dan buka bersama di SMP Swasta An Nizam. "Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan generasi yang islami dan sesuai dengan profil pelajar pancasila yang pertama, yaitu "Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Puasa Asyura atau Puasa pada 10 Muharram merupakan salah satu amalan sunnah yang memiliki banyak fadhillah atau manfaat bagi yang menjalankan." ucap bapak Robin Ginting, M.Pd., dalam kata sambutannya.




" Puasa Asyura memiliki fadhillah bagi kita yang saat ini menjalankan, adapun fadhillah atau keutamaannya adalah dapat menghapus dosa satu tahun yang lalu", ucap pak Yusmariono dalam materinya. 

"Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat.” (HR Muslim).

Kegiatan ditutup dengan makan bersama dan sholat maghrib berjama'ah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar