PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN TES BERPIKIR KREATIF GURU: UNIVERSITAS DHARMAWANGSA ADAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI SMP SWASTA AN NIZAM


 

Foto bersama guru-guru SMP Swasta An Nizam dan Tim Pengabdian Universitas Dharmawangsa

Pelatihan bagi guru merupakan hal yang sudah biasa terdengar dalam dunia pendidikan saat ini. Selain untuk meningkatkan mutu pendidikan secara umum, juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar dalam proses pembelajaran. 

PKM atau Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh ibu Dewi Wahyuni, dilaksanakan oleh Tim Dosen Pengabdi Universitas Dharmawangsa berlangsung selama dua hari, yaitu jumat dan sabtu (11-12 oktober 2024) di Aula Perguruan Islam An Nizam Medan. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah "Peningkatan Kemampuan Pengembangan Tes Berpikir Kreatif Bagi Guru SMP".

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini,  dipandu langsung oleh dua pemateri yang hebat. Pada hari pertama (11/10/2024) dipandu oleh fasilitator Prof. Dian Armantho, Sp. MPd. PHD., yang merupakan dosen Unimed dan juga merupakan Rektor Universitas Haji. Konsep materi yang dibawakan adalah “Model Pembelajaran Inkuiri, Projec Based Learning (PBL) berbasis differensiasi”. Dalam pelatihannya, seluruh guru diberikan kesempatan untuk menilai sebuah video pembelajaran dengan model pembelajaraninkuiri dan PBL. Kemudian membahas lebih dalam mengenai penyusunan pembelajaran berdasarkan sintak dalam model pembelajaran inkuiri dan PBL.




Hari kedua dipandu oleh Tim BPMP (Badan Penjamin Mutu Pendidikan Sumatera Utara) Drs. Syahdian. M.Si yang memperkuat “Penyusunan Tes Berpikir Kreatif guna mendorong Siswa-siswa mampu berpikir Kreatif”. Dalam hal ini, guru-guru disuguhkan beberapa soal yang berbasis kreatif kemudian menganalisis soal tersebut. Selain itu, guru-guru juga dilatih dalam pembuatan soal-soal untuk meningkatkan daya pikir kreatif.



Guru-guru SMP Swasta An Nizam sangat antusias dalam menerima materi dalam pelatihan ini. Ibu Muntaharrahmi, selaku guru IPA di SMP Swasta An Nizam menyampaikan rasa antusiasnya, "Saya merasa sangat senang dalam pelatihan ini, karena menambah wawasan mengenai model pembelajaran khususnya PBL dan inkuiri dan juga tertantang untuk berpikir kreatif dalam pembuatan soal berbasis literasi dan numerasi. Harapan saya untuk kedepannya, ada tindak lanjut lebih lagi mengenai materi model-model pembelajaran yang lain".

Kepala sekolah SMP Swasta An Nizam, bapak Robin Ginting, M.Pd., menyampaikan harapannya dalam kegiatan pelatihan ini. "Semoga dengan adanya pelatihan mengenai kemampuan pengembangan tes berpikir kreatif bagi guru ini, dapat menambah kemampuan guru-guru SMP Swasta An Nizam dan meningkatnya kemampuan berpikir kreatif guru-guru dalam kegiatan pemmbelajaran yang berdiferensiasi".


3 komentar:

  1. MasyaAllah, Jaya selalu SMP SWASTA AN NIZAM

    BalasHapus
  2. MasyaAllah, Tabarakallah. Semoga terus ada kegiatan positif seperti ini selalu.

    BalasHapus